Jumat, 03 April 2009

Pohon-Pohon Yang Malang

Fungsi pepohonan yang berjejer di sepanjang jalan, selain untuk memperindah dan memberi kesan sejuk bagi pengguna jalan di kota Medan juga berfungsi untuk menyaring polusi udara yang kerap memproduksi Karbondioksida (CO2). Lapisan ozon yang semakin menipis membuat sinar matahari semakin terik hingga kita sering merasa suhu udara sangat panas pada siang hari. Namun ternyata fungsi pohon yang berada di sepanjang trotoar jalan raya, malah dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memasang segala bentuk poster, dan semacamnya.

Poster ataupun iklan tersebut di pasang dengan cara memasang paku hingga berukuran 5 inchi. Bayangkan saja jika dalam satu pohon terdapat minimal 5 buah paku, maka jika dikalikan dengan 1000 pohon maka ada 5000 buah paku yang tertempel di pohon-pohon kota. Bisa dibayangkan betapa menderitanya pohon-pohon tersebut. Belum lagi jika Pemko terkadang banyak sekali menebang pohon-pohon tersebut dengan alasan untuk merapikan bentuk pohon demi keindahan kota. Namun yang terjadi adalah jalanan terasa panas, apalagi saat pengguna jalan sedang melintasi trotoar dan tengah terjebak di Traffic Light. Sampai-sampai teman saya yang liburan atau berkunjung ke kota Medan, kesan mereka adalah Medan kota yang sangat panas dan gersang.

Hal itu tentu saja sangat berdampak bagi pariwisata kota Medan sendiri. Jika image Medan yang panas itu sampai terdengar hingga ke seluruh pelosok negeri, maka tidak akan ada lagi wisatawan domestic maupun wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung kembali.

Harapan saya semoga semua pihak lebih memikirkan nasib pohon-pohon kota. Bagaimanapun juga pohon-pohon itu telah memberikan kita persediaan oksigen yang banyak untuk kelangsungan hidup kita.

Lets Go Green!!!

Selamatkan Pohon-pohon kota.

(Sierly Nolia-Harian Global)

Tidak ada komentar: